Selasa, 07 Oktober 2025

PELOPOR KOMUNITAS BELAJAR

 

PELOPOR KOMUNITAS BELAJAR KKKS 2025

“G110S”

(Gugus 01, 10 Sekolah)

Kecamatan Alas Barat

Nama                          : NASRULLAH, S.Pd

Nama Sekolah             : Sekolah Dasar Negeri Gontar Baru Kecamatan Alas Barat Kab. Sumbawa

Surel/email                 : nasrullahspd23@gmail.com

Jenis Penghargaan      : Apresiasi GTK 2025

Kategori Apresiasi      : GTK Pelopor Komunitas Belajar

Kategori Peserta         : Pelopor Komunitas Belajar Kepala Sekolah

 

A.      PENDAHULUAN

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 4263/B/HK.04.01/2023 Tentang Optimalisasi Komunitas Belajar. Komunitas belajar merupakan wadah bagi guru dan tenaga kependidikan untuk belajar bersama dan berkolaborasi secara rutin, memiliki tujuan yang jelas dan terukur dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar murid. Setiap satuan pendidikan harus memiliki komunitas belajar dalam sekolah yang berpusat pada pembelajaran murid dengan siklus inkuiri. Satuan pendidikan perlu melakukan belajar bersama di dalam komunitas belajar antar sekolah yang berfokus pada pembelajaran murid dengan siklus inkuiri.

Semua sekolah di wilayah kecamatan Alas Barat khususnya SD di gugus 01 telah menindak lanjuti Surat Edaran dirjen GTK tersebut dan telah meiliki komunitas belajar sejak akhir tahun 2023. Salah satu contoh Sekolah tempat saya bertugas Sekolah Dasar Negeri Gontar Baru Kecamatan Alas Barat telah membentuk Komunitas Belajar  “BARATE” merupakan akronim dari Bersih, Aman, Religius, terampil dan Energik. Sekolah lain pun telah membentuk kombel dengan nama dan semangat yang beragam, tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatan kualitas pembelajaran peserta didik yang berdampak pada peningkatan kualitas Satuan Pendidikan.

Membangun sebuah komunitas belajar yang terawat tumbuh dan berkembang tidak semudah membalikkan telapak tangan melainkan perlu peningkatan kompetensi anggota-anggota di dalamnya terakait proses menjalankan sebuah komunitas belajar. Hasil evaluasi dan refleksi saya bersama rekan-rekan kepala sekolah bahwa masih banyak sekolah  yang kombelnya  telah dibentuk tetapi belum berfungsi dan berkembang secara signifikan. Berdasarkan situasi dan kondisi tersebut maka saya menginisiasi dibentuknya komunitas belajar tingkat kepala sekolah atau tingkat gugus yang disepakati dengan nama “G110S”. G110S merupakan akronim dari Gugus 01 beranggotakan 10 kepala Sekolah dasar negeri dan swasta. Komunitas tersebut terbentuk pada tanggal 2 Januari 2024 setelah 3 bulan saya diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gontar Baru Kecamatan Alas Barat di wilayah gugus 01 Alas Barat. Terkait cara merintis dan menumbuhkembangkan Kombel “G110S” ini akan saya paparkan dibagian isi Naskah ini yang menjelaskan STAR (Situasi,  Tantangan, Aksi dan Refleksi).

B.      Tahap merintis dan merancang.

Tahap merintis dan merancang dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan bersama, kesamaan atribut antar individu dan keselarasan dengan konteks dari komunitas. Tahap ini sangat penting karena awal dari sebuah aksi nyata merintis sebuah kombel. Sebelum  mengutarakan inisiasi atau prakarsa terkait pembentukan sebuah kombel di forum KKKS, terlebih dahulu saya mengajak satu atau dua rekan kepala sekolah dalam bincang-bincang santai untuk membangun pemahaman terkait optimalisasi komunitas belajar dan manfaatnya dalam peningkatan kompetensi sebagai pemimpin satuan pendidikan. Modal utamanya di sini adalah bahwa beberapa rekan kepala sekolah sudah mampu dan terbiasa malakukan refleksi dan evaluasi pelaksanaan sebuah program  di satuan pendidikan yang dipimpin.  Hal tersebut merupakan modal untuk lebih mudah menentukan tujuan yang selaras dengan konteks komunitas belajar nantinya. Selama dua hari berturut-turut saya manfaatkan untuk bincang-bincang dengan tiga rekan kepala sekolah dengan mode yang beragam antara lain melalui luring atau tatap muka, ada juga yang saya hubungi via telpon seluler maupun chat WA grup.

 

Dari dialog atau percakapan dengan rekan kepala sekolah menyepakati sebuah ide dan gagasan yaitu membangun sebuah komunitas belajar di tingkat kepala sekolah yang berbeda alur kegiatannya dengan forum KKKS yang sudah ada hanya berupa diskusi pemecahan masalah bersifat insidental tanpa visi misi yang jelas sebagai pedoman komunitas jangka panjang.

 

Pada tanggal 2 Januari 2024, ada pertemuan rutin KKKS di Sekolah Dasar Negeri Hijrah kecamatan Alas Barat yang merupakan SD inti Gugus 01 kecamatan Alas Barat. Pada peertemuan ini saya mendapat kesempatan mengusulkan pembentukan komunitas belajar. Pertama merumuskan nama kombel. Seluruh anggota rapat sangat antusias mengutarakan ide dan gagasan mengenai nama kombel yang baru. Salah satu rekan kepala sekolah mengusulkan yaitu bapak Silung, S.Pd kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Labuhan Mapin kecamatan Alas Barat, bahwa gugus 01 terdiri dari 10 sekolah sehingga dapat disingkat “G110S”. nama itu disepakati oleh seluruh peserta hingga menjadi nama kombel yang baru hingga sekarang.

 

Pada pertemuan yang sama komunitas yang baru menentukan dan menetapkan pengurus inti yang baru yang terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. Sebagai Ketua adalah bapak Mustamin, S.Pd kepala SDN Tamsi, Sekretaris saya sendiri kepala SDN Gontar Baru dan sebagai bendahara adalah Ibu Asmawati, S.Pd  kepala SDN 2 Gontar. Surat keputusan disahkan oleh kepala SD Inti yaitu Bapak Musmulyana S.Pd.SD.

 

Langkah selanjutnya menentukan Visi Misi Komunitas Belajar. Ketua kombel bapak Mustamin, S.Pd kepala SDN Tamsi mulai membuka ruang diskusi dengan pertanyaan pemantikmenurut Bapak Ibu kepala sekolah seperti apa kombel yang telah kita bentuk ini di masa yang akan datang?”. Semua anggota sangat antusias mengeluarkan ide dan gagasan terkait prakarsa perubahan atau visi misi kombel ke depannya. Kepala SD Inti selaku pemimpin rapat menampung semua pendapat anggota hingga membuat kesimpulan dan merumuskan Visi Misi yang baru untuk kombel “G110S”, Yaitu :

 

Visi :

 ” Menjadi komunitas belajar yang dinamis dan inovatif, meningkatkan kualitas pendidikan dan kepemimpinan sekolah melalui kolaborasi dan berbagi pengetahuan antar kepala sekolah dan anggota  komunitas”.

 

Misi :

1.     Meningkatkan kemampuan kepala sekolah melalui pelatihan, loka karya, dan diskusi kelompok

2.     Mendorong berbagi pengetahuan, pengalaman, dan pratik baik antar anggota komunitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

3.     Kolaborasi antar sekolah, lembaga pendidikan, dan komunitas untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.

4.     Mendorong inovasi dan kreativitas dalam pendidikan melalui pengembangan kurikulum, metode pembelajaran dan teknologi pendidikan.

Tujuan :

1.     Meningkatkan kualitas kepemimpinan kepala sekolah.

2.     Meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah

3.     Meningkatkan kolaborasi dan kerja sama antar sekolah dan lembaga pendidikan

4.     Mendorong inovasi dan kreativitas dalam pendidikan.

 

Pada pertemuan ini juga kami telah menyusun jadwal pertemuan rutin setiap minggu. Berdasarkan pertimbangan yang matang kami memilih satu hari di setiap minggunya yaitu hari Sabtu. Jumlah hari Sabtu setiap minggunya beragam, hingga disepakati jumlah pertemuan 8 kali setiap triwulannya, sehingga dalam satu tahun kegiatan kombel “G110S” sebanyak 32 kali pertemuan rutin. Di awal tahun 2024 saya dapat mendaftarkan kombel “G110S”, ke dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM).

C.    Tahap menumbuhkan

Tahap ini dilakukan setelah komunitas belajar terbentuk. Beberapa hal dilakukan antara lain: 1) menentukan topik kebutuhan anggota melalui analisis kebutuhan anggota. 2) menentuan narasumber dari aktivitas belajar. 3) melaksanakan kegiatan belajar dalam komunitas. 4) Mendokumentasi dan mempublikasikan kegiatan.

Pada tahap ini Kombel “ G110S” Telah menyusun jadwal pertemuan berkala sesuai kalender pendidikan tahun ajaran baru.

Berikut saya tampilkan jadwal pertemuan berkala Kombel “G110S” :

TW I 2025

No

Hari/Tanggal

Tempat Pelaksanaan

Materi

Keterangan

1

Sabtu, 11 Januari 2025

SD Negeri Lekong

Pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Observasi Guru

Materi dan narasumber dapat berubah sesuai dengan kondisi

2

Sabtu, 18 januari 2025

SD Negeri Tamsi

Pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Observasi Guru

3

Sabtu, 25 Januari 2025

SD Negeri 1 Labuhan Mapin

Pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Observasi Guru

4

Sabtu, 8 Februari 2025

SD Negeri 2 Labuhan Mapin

Pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Observasi Guru

5

Sabtu, 22 Februari 2025

SD Negeri Hijrah

Diskusi Penialan dan penetapan predikat kinerja

6

Sabtu, 15 Maret 2025

SD Negeri 2 Gontar

Diskusi Penialan dan penetapan predikat kinerja

7

Sabtu, 29 Maret 2025

SD Negeri 1 Gontar

Diskusi Penialan dan penetapan predikat kinerja

 


 

TW II 2025

No

Hari/Tanggal

Tempat Pelaksanaan

Materi

Keterangan

1

Sabtu, 12 April 2025

SD Negeri Hijrah

Pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Observasi Guru

Materi dan narasumber dapat berubah sesuai dengan kondisi

2

Sabtu, 19 April 2025

SD Negeri Kokarpit

Diskusi Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKJ, RKJM, RKS, RKAS).

3

Sabtu, 26 April 2025

SD Negeri Gontar Baru

Diskusi Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKJ, RKJM, RKS, RKAS).

4

Sabtu, 3 Mei 2025

SD Negeri Lekong

Diskusi Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKJ, RKJM, RKS, RKAS).

5

Sabtu, 10 Mei 2025

SD Negeri Tamsi

Diskusi Teknik Coaching Supervisi akademik

6

Sabtu, 17 Mei 2025

SD Negeri Hijrah

 

Diskusi Teknik Coaching Supervisi akademik

7

Sabtu, 24 Mei 2025

SD Negeri 1 Labuhan Mapin

Diskusi Teknik Coaching Supervisi akademik

8

Sabtu, 31 Mei 2025

SD Negeri 2 Labuhan Mapin

Diskusi Teknik Coaching Supervisi akademik

 

TW III 2025

No

Hari/Tanggal

Tempat Pelaksanaan

Materi

Keterangan

1

Sabtu, 26 Juli 2025

SD Negeri Hijrah

Perencanaan Pembelajaran Mendalam CP, TP, ATP, RPP

Materi dan narasumber dapat berubah sesuai dengan kondisi

2

Sabtu, 2 Agustus 2025

SD Negeri 2 Gontar

Perencanaan Pembelajaran Mendalam CP, TP, ATP, RPP

3

Sabtu, 9 Agustus 2025

SD Negeri Kokarpit

Perencanaan Pembelajaran Mendalam CP, TP, ATP, RPP

4

Sabtu, 23 Agustus 2025

SD Negeri 1 Gontar

Perencanaan Pembelajaran Mendalam CP, TP, ATP, RPP

5

Sabtu, 6 September 2025

SD Negeri Gontar Baru

Perencanaan Pembelajaran Mendalam CP, TP, ATP, RPP

6

Sabtu, 13 September 2025

SD Negeri Lekong

Perencanaan Pembelajaran Mendalam CP, TP, ATP, RPP

7

Sabtu, 27 September 2025

SD Negeri Tamsi

Perencanaan Pembelajaran Mendalam CP, TP, ATP, RPP

 

 

TW IV 2025

No

Hari/Tanggal

Tempat Pelaksanaan

Materi

Keterangan

1

Sabtu, 4 Oktober 2025

SD Negeri 1 Labuhan Mapin

Pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Observasi Guru

Materi dan narasumber dapat berubah sesuai dengan kondisi

2

Sabtu, 11 Oktober 2025

SD Negeri 2 Labuhan Mapin

Diskusi Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKJ, RKJM, RKS, RKAS).

3

Sabtu, 18 Oktober 2025

SD Negeri Hijrah

Diskusi Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKJ, RKJM, RKS, RKAS).

4

Sabtu, 25 Oktober 2025

SD Negeri 2 Gontar

Diskusi Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKJ, RKJM, RKS, RKAS).

5

Sabtu, 1 November 2025

SD Negeri 1 Gontar

Perencanaan Pembelajaran Mendalam

6

Sabtu, 8 November 2025

SD Negeri Kokarpit

Perencanaan Pembelajaran Mendalam

7

Sabtu, 15 November 2025

SD Negeri Gontar Baru

Perencanaan Pembelajaran Mendalam

8

Sabtu, 22 November 2025

SD Negeri Lekong

Perencanaan Pembelajaran Mendalam

9

Sabtu, 29 November 2025

SD Negeri Tamsi

Perencanaan Pembelajaran Mendalam

 

10

6 Desember 2025

SD Negeri 1 Labuhan Mapin

Perencanaan Pembelajaran Mendalam

 

11

13 Desember 2025

SD Negeri 2 Labuhan Mapin

Perencanaan Pembelajaran Mendalam

 

6

Sabtu, 16 Mei 2026

SD Negeri Gontar Baru

Perencanaan Pembelajaran Mendalam

 

7

Sabtu, 30 Mei 2026

SD Negeri Lekong

Perencanaan Pembelajaran Mendalam

8

Sabtu, 6 Juni 2026

SD Negeri Tamsi

Perencanaan Pembelajaran Mendalam

 

 

D.    Tahap Merawat Berkelanjutan

Agar komunitas belajar dapat berlangsung secara berkelanjutan dan bermanfaat, perlu diadakan refleksi secara berkala terhadap komunitas secara keseluruhan. Di komunitas ini kami merencanakan refleksi setiap akhir semester. Kombel “G110S” adalah komunitas yang mandiri dan memiliki Anggaran Dasar Rumah Tangga (ADRT). Dana yang ada di bendahara merupakan iuran berasal dari uang pribadi anggota-anggota yang diumpulkan tiap triwulan untuk biaya operasional kombel. Aktivitas kombel kami unggah di akun media sosial pribadi anggota maupun akun kombel.


E.    Penutup :

Tahap merintis komunitas belajar memerlukan kesabaran, kepemimpinan, dan semangat gotong royong. Ketika komunitas dibangun dengan fondasi yang kuat, maka akan tumbuh menjadi ruang belajar yang hidup, berkembang, dan berdampak positif bagi anggotanya maupun masyarakat luas.

                                                                                                Penulis,

 

                                                                                                NASRULLAH, S.Pd

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

PELOPOR KOMUNITAS BELAJAR

  PELOPOR K OMUNITAS BELAJAR KKK S 2025 “G110S” (Gugus 01, 10 Se k olah) K e camatan Alas Barat Nama                           : NAS...